Bawaslu

Antisipasi Pelanggaran Kampanye, Panwaslu Kecamatan Diinstruksikan Libatkan Warga

×

Antisipasi Pelanggaran Kampanye, Panwaslu Kecamatan Diinstruksikan Libatkan Warga

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Pelanggaran Kampanye, Bawaslu Pohuwato
Ketua Bawaslu Kabupaten Pohuwato, Yolanda Harun.

Hargo.co.id, GORONTALO – Masa kampanye pemilu 2024 akan dimulai, Selasa (28/11/2023) besok. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pohuwato, pun kian “perketat” pengawasan di semua tingkatan.

Berita Terkait:  Penghapusan Tenaga Honorer, Bawaslu RI: Berdampak pada Pemilu 2024

badan keuangan

Terbaru, Ketua Bawaslu Pohuwato, Yolanda Harun memberikan instruksi kepada masing-masing Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pohuwato untuk melaksanakan langkah-langkah pencegahan pelanggaran melalui kegiatan Roadshow untuk mengajak masyarakat agar turut serta dalam mengawasi tahapan kampanye yang akan dimulai 28 November 2023 besok.

Dalam penjelasannya, Yolanda Harun menyampaikan bahwa melalui kegiatan Roadshow tersebut, Panwaslu Kecamatan diharapkan dapat lebih dekat dengan masyarakat, dimana tujuan utama tersebut mengajak masyarakat untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran, seperti penyebaran berita bohong, politisasi suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA), serta praktik politik uang di tahapan kampanye.

Berita Terkait:  Lukman Ismail Dkk Resmi Adukan Erman Katili ke DKPP

badan keuangan

“Kami menginstruksikan Panwaslu Kecamatan untuk aktif melakukan Roadshow guna mengajak masyarakat ikut serta dalam pengawasan tahapan kampanye. Melalui interaksi langsung dengan masyarakat, diharapkan dapat lebih efektif dalam memberikan pemahaman dan mencegah potensi pelanggaran,” ujar Yolanda Harun.

Lebih lanjut kata Yolanda, Langkah-langkah pencegahan tersebut diharapkan

dapat menciptakan lingkungan kampanye yang sehat dan mendukung pelaksanaan tahapan kampanye yang bersih dan demokratis.

Berita Terkait:  Pemkab Bone Bolango Buka Suara Soal Bawaslu Tolak NPHD Rp. 9 Miliar

Yolanda Harun menegaskan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga integritas dan kualitas proses demokrasi, serta mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan pemilu yang adil dan transparan.

Atas instruksi Ketua Bawaslu tersebut, nampak seluruh Panwaslu Kecamatan mulai mensosialisasikan upaya pencegahan pelanggaran pemilu dengan melibatkan peran aktif masyarakat.(*) 

Berita Terkait:  Terindikasi Langgar Netralitas di Medsos, 2 Oknum ASN Bone Bolango Dibidik Bawaslu

Penulis: Riyan Lagili