Kab. Bone Bolango

IDM Bone Bolango Capai 0.7866, Tertinggi di Gorontalo

×

IDM Bone Bolango Capai 0.7866, Tertinggi di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
IDM Bone Bolango Capai 0.7866, Tertinggi di Gorontalo
Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli ketika memberikan sambutan pada kegiatan workshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa tahun 2024 yang diselenggarakan di Aston Gorontalo Hotel & Villas, Sabtu (15/6/2024). (Foto: Hms Pemkab Bone Bolango)

Hargo.co.id, GORONTALO – Indeks Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Bone Bolango mencapai 0.7866. Angka ini merupakan tertinggi di Provinsi Gorontalo.

Berita Terkait:  Sempat Diblokir, Akses Jalan Kompleks Kantor Pemerintahan di Bone Bolango Kembali Dibuka

badan keuangan

Hal itu terungkap pada workshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di Aston Gorontalo Hotel & Villas, Sabtu (15/6/2024).

“Potret pembangunan perdesaan di Bone Bolango, secara khusus dapat diukur dari indeks desa membangun atau disingkat IDM sebesar 0.7866 (tertinggi se Provinsi Gorontalo),” kata Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Berita Terkait:  Gelar Pasar Murah, Merlan Turun Tangan Layani Warga

badan keuangan

Merlan Uloli juga mengungkapkan, presentase pengentasan desa tertinggal di Kabupaten Bone Bolango sangat baik. Dimana, pada tahun 2023 telah tuntas 100 persen.

“Begitu juga dengan kinerja desa membangun mengalami kenaikan sangat signifikan, dari 40 desa mandiri di tahun 2023, naik menjadi 75 desa mandiri di tahun 2024. Terbanyak se Provinsi Gorontalo,” beber Merlan Uloli.

Berita Terkait:  Dukung Program Pemkab Bone Bolango, Ketua PCNU: Wajib Hukumnya

Bagi dirinya sebagai Kepala Daerah, kata Merlan Uloli, capaian kinerja pembangunan pedesaan itu tentu saja belum menjawab seluruh dinamika tuntutan pembangunan daerah dewasa ini. Masih tersisa PR yang harus segera di tangani. Diantaranya adalah Kemiskinan ekstrim, stunting, dan pengangguran.

Oleh karena itu, melalui kegiatan workshop tersebut, ia menyampaikan bahwa

keberhasilan capian pembangunan di Kabupaten Bone Bolango tidak lepas dari dukungan dan bantuan berbagai pihak.

Sinergitas dan kolaborasi legislatif, pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam pelaksanaan pembangunan menjadi kunci keberhasilan.

Berita Terkait:  Komitmen Meningkatkan Kesejahteraan Petani Terus Direalisasikan

“Atas semua itu, saya dan seluruh rakyat Bone Bolango menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya

kepada Wakil Ketua DPR RI bapak Rachmat Gobel yang selama ini telah banyak membantu Pemkab Bone Bolango,

baik bantuan program melalui pemerintah daerah, maupun bantuan langsung untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.(*)

Penulis: Rendi Wardani Fathan 

Berita Terkait:  Siap Dukung Program Komunitas Manapun, Merlan: Selama Hasilnya Positif untuk Rakyat



hari kesaktian pancasila