Kab. Gorontalo

Menuju Gorontalo Emas 2045, Nelson: Butuh Kolaborasi Semua Pihak

×

Menuju Gorontalo Emas 2045, Nelson: Butuh Kolaborasi Semua Pihak

Sebarkan artikel ini
Gorontalo Nelson
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang juga sebagai deklarator Provinsi Gorontalo saat duduk bersama mantan penjagub pertama Tursandi Alwi pada perayaan HUT KE-23 Provinsi Gorontalo.

Hargo.co.id, GORONTALO – Besar harapan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Provinsi Gorontalo makin berkembang sebagaimana cita-cita para pendiri, utamanya para pejuang yang mengusir penjajah dari bumi Gorontalo.

Berita Terkait:  Percepat Pergerakan Ekonomi, Nelson Instruksikan Proyek DAK Segera Ditender

badan keuangan

Harapan ini disampaikan Nelson saat dirinya menghadiri sidang paripurna yang dihelat DPRD Provinsi Gorontalo dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-23 Provinsi Gorontalo, Selasa (5/12/2023).

Nelson yang juga sang deklarator terbentuknya Provinsi Gorontalo menjelaskan, cita-cita perjuangan dalam mendirikan Provinsi Gorontalo meliputi berbagai aspek.

Berita Terkait:  Tekan Stunting, Camat se-Kabgor Dikukuhkan Sebagai Bapak dan Bunda Asuh

badan keuangan

“Diantaranya, masyarakat bisa merasakan kesejahteraan, mendapatkan pelayanan secara maksimal dari pemerintah serta menguatkan identitas dan jati diri warga Gorontalo,” sambung Nelson.

Ia juga mengemukakan, cita-cita para pendahulu mutlak untuk dilaksanakan. Terlebih, kata Nelson, pemerintah telah mencanangkan Gorontalo emas dan Indonesia emas di tahun 2045.

Berita Terkait:  Shopping Center Ditargetkan Rampung Bulan Juli

“Masih ada waktu kurang lebih 20 tahun untuk kita mencapai itu. Tapi ini butuh kolaborasi kita semua pihak,” tegas bupati dua periode itu.

Example 300250

Dalam kesempatan itu, Nelson juga mengemukakan penilaiannya terhadap Provinsi Gorontalo. Menurutnya, sejauh ini, Gorontalo telah mengalami banyak perkembangan. Salah satu fakta yang dapat dilihat adalah menurunnya angka kemiskinan sejak tahun 2000 silam, dari 35 persen menjadi 15 persen.

Berita Terkait:  Sempat Tertunda Lantaran Hibah Pilkada, Tunjangan Sertifikasi Guru di Kabgor Mulai Dibayarkan

“Pelayanan juga berjalan baik, sudah ada banyak pemekaran wilayah kabupaten,

bahkan sekarang sudah ada secaba, SPN dan perguruan tinggi yang terus bertambah,

termasuk anggaran yang dulunya hanya Rp 300 miliar, sekarang hampir Rp12 triliun, jadi naik sekitar 40 kali lipat,” jelasnya.

Berita Terkait:  113 Pemangku Adat di Kabgor Terima Honorarium dan Pakaian Khas

Lanjut dikatakannya, untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM), saat ini telah lahir banyak doktor-doktor hingga professor. Namun, tambah Nelson, dengan perubahan itu, masih banyak tugas yang harus diselesaikan, terutama dalam penanganan kemiskinan dan peningkatan kualitas pelayanan.

Nelson mengungkapkan, Kabupaten Gorontalo telah menjadi representif dari Provinsi Gorontalo. Dirinya membeberkan pembangunan yang dilakukannya selama menjabat sebagai bupati Gorontalo.

Berita Terkait:  Lantik PAW Anggota BPD Gandasari, Roni Ingatkan Soal Tugas dan Tanggungjawab

“Dimana saat ini kita bisa liat telah banyak fasilitas di kabupaten yang telah kita bangun, termasuk Taman Budaya Limboto yang bisa menggambarkan wajah Provinsi Gorontalo,” kunci Nelson.(*)

Penulis: Deice 

Berita Terkait:  Menparekraf Dorong Kabgor Jadi Kabupaten Kreatif Versi Unesco



hari kesaktian pancasila