Kab. Bone Bolango

Merlan Lantik Komisi Irigasi Bone Bolango

×

Merlan Lantik Komisi Irigasi Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
Merlan Lantik Komisi Irigasi Bone Bolango
Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli saat menghadiri dan memberikan sambutan pada pelantikan Komisi Irigasi Kabupaten Bone Bolango berlangsung di Gedung Bonebol Business Center (BBC) di Kecamatan Kabila, Selasa (25/6/2024). (Foto: Yudi)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli melantik Komisi Irigasi Kabupaten Bone Bolango. Prosesi pelantikan berlangsung di Gedung Bonebol Business Center (BBC) di Kecamatan Kabila, Selasa (25/6/2024).

Berita Terkait:  Reakreditasi Puskesmas Toto Utara Diharap Raih Hasil Paripurna

badan keuangan

Untuk diketahui, pembentukan Komisi Irigasi ditetapkan dengan Keputusan Bupati Bone Bolango tentang Komisi Irigasi Kabupaten Bone Bolango tahun 2024.

Komisi Irigasi sendiri mempunyai sejumlah tugas. Diantaranya, merumuskan rencana kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi.

Berita Terkait:  Tingkatkan Kompetensi dan Skill, 70 Kader Posyandu-Posbindu di Kabila Dilatih

badan keuangan

Selanjutnya, merumuskan rencana tahunan penyediaan, pembagian dan pemberian air irigasi yang efisien bagi pertanian dan keperluan lain. Merekomendasikan prioritas alokasi dana pengelolaan irigasi melalui forum musyawarah pembangunan, memberikan pertimbangan mengenai izin alih fungsi lahan beririgasi.

“Komisi Irigasi juga merumuskan rencana tata tanam yang telah disiapkan oleh dinas instansi terkait dengan mempetimbangkan data debit air yang tersedia pada setiap daerah irigasi, pemberian air serentak atau golongan, kesesuaian jenis tanaman, serta rencana pembagian dan pemberian air,” kata Merlan.

Berita Terkait:  Kisah Pilu Seorang IRT di Pinogu, Berobat ke RS Harus Ditandu, Setengah Perjalanan Lanjut dengan Ojek

Berikutnya, ucap Merlan Uloli, merumuskan rencana pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang meliputi prioritas penyediaan dana, pemeliharaan, dan rehabilitasi. Memberikan masukan dalam rangka evaluasi pengelolaan asset irigasi. Memberikan pertimbangan dan masukan atas pemberian izin alokasi air untuk kegiatan perluasan daerah layanan jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi.

Kemudian, memberikan masukan atas penetapan hak guna pakai air untuk irigasi dan hak guna usaha untuk irigasi kepada badan usaha, badan sosial, ataupun perorangan. Membahas dan memberi pertimbangan dalam mengatasi permasalahan daerah irigasi akibat kekeringan, kebanjiran, dan akibat bencana alam lain.

Berita Terkait:  Merlan Siap Support Intermediate Training HMI

Memberikan masukan dan pertimbangan dalam proses penetapan peraturan daerah tentang irigasi. Memberikan masukan dan pertimbangan dalam upaya menjaga keandalan dan keberlanjutan sistem irigasi.

“Terakhir, melaporkan hasil kegiatan kepada pimpinan daerah mengenai program dan progress, masukan yang diperoleh, serta melaporkan kegiatan yang dilakukan selama satu tahun,” terang Bupati Merlan Uloli.(Rls)

Berita Terkait:  Bangun Pondasi Ekonomi Daerah, RG Siap Support Pemkab Bone Bolango



hari kesaktian pancasila