Legislatif

Soal Optimalisasi Pajak Retribusi Perhotelan, Iwan Abay Beri Penegasan Khusus

×

Soal Optimalisasi Pajak Retribusi Perhotelan, Iwan Abay Beri Penegasan Khusus

Sebarkan artikel ini
Iwan Abay
Ketua Fraksi Desa, Iwan Abay,S.Ag. (Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Masih kurang maksimalnya setoran pajak retribusi beberapa perhotelan di Kabupaten Pohuwato, juga menuai sorotan dari Ketua Fraksi Desa, Iwan Abay. Bahkan, dalam kunjungan kerja Anggota DPRD Kabupaten Pohuwato, Dapil I, Politisi Demokrat itu memberikan penegasan khusus.

Berita Terkait:  Pesan Nasir Soal Fenomena di Gorontalo: Cintai Hidupmu, Kuatkan Iman, Ingatlah Keluargamu

badan keuangan

Di sampaikan Iwan Abay, perpajakan, retribusi perhotelan, rumah makan dan sumber pendapatan daerah lainnya merupakan amanat undang-undang yang wajib tak bisa di tawar oleh semua pihak. Tujuannya, kata Anggota Komisi II DPRD itu, tidak lain untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah.

“Karna ini wajib dan sifatnya memaksa menurut undang-undang, maka saya hanya mengimbau dan mengajak para pengusaha hotel untuk taat bayar pajak,“ ucapnya, Jumat (6/7/2023).

Berita Terkait:  Usulan di Musrenbangdes Harus Mengacu pada RPJMDes

badan keuangan

Sisi positif dari pembayaran pajak pun kata Iwan, secara tidak langsung juga akan memberikan dampak positif terhadap jumlah pengunjung hotel,

jika kemudian PAD yang memadai bisa meningkatkan infrastruktur, sarana prasarana penunjang lainya yang menambah minat masyarakat luar untuk berkunjung.

Berita Terkait:  Ranperda Perubahan APBD 2023 Gorut Mulai Dibahas

“Dan pada akhirnya pajak akan kembali masyrakat termasuk pengusaha hotel untuk pembangunan infarastrhktur di daerah. Artinya PAD yang bersumber dari pajak tadi memadai maka pohuwato semakin maju. Pengaruhnya pasti semakin banyak juga tamu yg akan datang dan menginap di hotel-hotel yang ada di Pohuwato,” jelasnya.

Ia menyarankan agar pemerintah daerah mampu untuk bergerak cepat dengan menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi Pansus DPRD terkait optimalisasi sumber-sumber pendapatan daerah.

Berita Terkait:  Gustam: Data untuk Penanggulangan Bencana Sangat Penting

“Mestinya Rekom pansus ke Pemda kemarin sewaktu Paripurna segera dilakukan, dimana Pemerintah Daerah di minta untuk segera membentuk Satgas

dalam rangka membantu tugas-tugas OPD yang berkaitan dengan keuangan. Mulai dari melakukan pemantauan, penagihan dan pengawasan hotel-hotel ini, sehingga setiap saat usaha hotel ini

juga merasa di awasi dan dipantau oleh Pemda,” pinta Aleg Dapil Marisa, Buntulia, Dihias aa dan Patilanggio ini.(*) 

Berita Terkait:  Tingkatkan Pelayanan Publik, Komisi I DPRD Kabgor Gelar Rapat Evaluasi Internal

Penulis: Riyan Lagili