Kota Gorontalo

Wakili Gorontalo Sebagai Agen Stunting, Kader BKB Ini Dianugerahi Penghargaan Menko PMK

×

Wakili Gorontalo Sebagai Agen Stunting, Kader BKB Ini Dianugerahi Penghargaan Menko PMK

Sebarkan artikel ini
Kader BKB agen Stunting
Rukmin Mohamad, kader BKB Kota Gorontalo ketika menerima penghargaan dari Menko PMK, Muhadjir Effendy saat dirinya menjalani prosesi wisuda yang diselenggarakan BKKBN, Selasa (12/12/2023) di Jakarta. Tampak bagian kanan, profil dari Rukmin Mohamad.

Hargo.co.id, JAKARTA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menghelat prosesi wisuda bagi 32 kader bina keluarga balita (BKB) se-Indonesia. 32 kader BKB ini merupakan hasil seleksi dari setiap provinsi yang nantinya akan diplot sebagai agen sosial untuk percepatan penurunan stunting.

Berita Terkait:  Pemkot dan BPJS Gorontalo Teken MoU Terkait Perlindungan Bagi Pekerja

badan keuangan

Provinsi Gorontalo sendiri diwakili oleh Rukmin Mohamad, salah satu kader BKB asal Kota Gorontalo. Untuk menjadi sebagai kader BKB terbaik hingga mengikuti prosesi wisuda tersebut, tak semudah dibayangkan banyak orang.

Ada banyak tahapan yang harus dilalui kader BKB asal Kelurahan Tenilo itu.

badan keuangan

Selain mengikuti kegiatan kelas kelas orang tua hebat selama 11 kali secara hybrid,

Rukmin terlebih dahulu harus melewati proses seleksi di tingkat Provinsi Gorontalo, bersaing dengan kader BKB dari daerah lain.

Berita Terkait:  Di Penghujung Jabatan, Wali Kota Gorontalo Tetap Fokus Tuntaskan Program

“Ibu Rukmin juga mengikuti tes wawancara oleh Kepala BKKBN dan tim,” ungkap Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kota Gorontalo, Eladona Oktamina Sidiki.

Alumnus IPDN itu mengaku bangga dengan capaian dari Rukmin Mohamad. Terlebih, kata dia, para wisudawan ini dianugerahi penghargaan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy.

Berita Terkait:  Inflasi Agustus 2023, Kota Gorontalo Terendah Kedua Nasional

“Penghargaan diberikan langsung oleh Pak Menko PMK pada kegiatan BKKBN Gebyar BKB 1.000 HPK (Hari pertama kehidupan) yang diselenggarakan kemarin (Selasa, 12 Desember 2023),” tandas Eladona.

Bagi Eladona, prestasi yang ditorehkan Rukmin Mohamad adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi Pemerintah Kota Gorontalo. Diharapkannya prestasi tersebut dijadikan sebeuah motivasi oleh kader BKB lain.

Berita Terkait:  H-2 Ramadan, BAZNAS Kota Gorontalo Berbagi dengan 850 Warga Kurang Mampu

“Khusus untuk Ibu Rukmin, saya berharap penghargaan yang diraih dapat diaplikasikan ke tempat tugasnya untuk terus mengadvokasi dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya mencegah stunting dengan cara membiasakan PHBS, orang tua rajin membawa balita dan badutanya ke posyandu, termasuk juga ibu hamil. Selain itu, terus memberikan edukasi terkait pola asuh dan perkembangan untuk balita dan baduta,” pungkas Eladona.(*)

Penulis: Rendi Wardani FathanĀ 

Berita Terkait:  Lomba OSN, O2SN dan FLS2N Tingkat Kecamatan Hulonthalagi Mulai Digelar