Kabar Nusantara

Enggan Makan dan Konsumsi Obat, Kondisi Kesehatan Lukas Enembe Drop

×

Enggan Makan dan Konsumsi Obat, Kondisi Kesehatan Lukas Enembe Drop

Sebarkan artikel ini
Lukas Kondisi
Gubernur Papua Non Aktif, Lukas Enembe. (Dok. Liputan6)

Hargo.co.id, JAKARTA – Gubernur Papua non aktif, Lukas Enembe dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) oleh dokter Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Ahad (17/7/2023) malam, lantaran kondisi kesehatannya drop.

Berita Terkait:  As SDM Polri Jelaskan Peran Penting Polwan Dalam Mengawal Pemilu Damai

badan keuangan

Sebelumnya, Lukas Enembe menolak untuk dirujuk ke RSPAD. Namun, setelah KPK menghubungi penasehat hukum dan keluarganya, Lukas Enembe akhirnya mau.

“Iya benar, dokter KPK sejak sabtu sudah merekomendasikan agar dirujuk ke RSPAD, namun yang bersangkutan menolak, sehingga tim jaksa kemudian menghubungi pihak PH dan keluarganya agar dapat membujuk supaya mau dibawa ke RSPAD,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali, Senin (17/7/2023), dikutip dari DETIKnews.com

Berita Terkait:  Terbukti Berbuat Asusila, DKPP Pecat Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari

badan keuangan

Menurutnya, penyebab turunnya kondisi kesehatan Lukas Enembe dikarenakan yang bersangkutan enggan untuk makan dan mengkonsumsi obat dokter.

Ia berharap Lukas bisa kooperatif dan disiplin mengkonsumsi obat dan mengikuti saran dokter demi kesehatan, agar kelancaran proses persidangan nanti.

Berita Terkait:  Kapolda Sulteng Pastikan Jajarannya Tak Terlibat Politik Praktis

“Kami pastikan mengenai kesehatan para tahanan menjadi prioritas karena itu merupakan haknya. Kami berikan hak-hak tahanan sesuai porsi dan ketentuan yang berlaku,” tambahnya.

Sementara itu, Penasehat Hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona menyampaikan kliennya merasakan mual, pusing, dan sudah dua hari tidak makan, sehingga harus dibawa ke RSPAD. Bahkan ia menyebutkan kaki Lukas terlihat membengkak.

Berita Terkait:  Polisi Ungkap Kronologi Pembunuhan Mahasiswa UI, Diduga Karena Iri Hati

“Kondisinya sudah drop, sudah dua hari tidak masuk makanan,

karena mual dan mengeluh pusing, serta ketika dibantu diminumkan air putih,

Pak Lukas kesulitan menelan air minum. Seperti kesakitan tenggorokannya. Dan saya lihat kakinya mulai bengkak lagi,” tutupnya.(mg-19)

*) Artikel ini telah tayang di DETIKnews, dengan judul “KPK soal Lukas Enembe Dibawa ke RSPAD: Karena Tak Mau Minum Obat dari Dokter” Pada edisi Senin, 17 Juli 2023.


hari kesaktian pancasila