Gorontalo

GAPKI Wilayah Sulawesi Gelar Rakercab dan FGD Penetapan Harga TBS

×

GAPKI Wilayah Sulawesi Gelar Rakercab dan FGD Penetapan Harga TBS

Sebarkan artikel ini
GAPKI Sulawesi Gorontalo
GAPKI Wilayah Sulawesi menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Hotel Aston Gorontalo, Jumat (17/11/2023). (Foto: Iwan/ HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Wilayah Sulawesi menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Hotel Aston Gorontalo, Jumat (17/11/2023).

Berita Terkait:  Jaga Stabilnya Angka Inflasi Gorontalo, TPID Diminta Tetap Satu Persepsi

badan keuangan

Pembukaan Rakercab tersebut dilaksanakan sekaligus dengan menggelar fokus grup discussion (FGD) terkait Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) yang dihadiri oleh pemerintah Provinsi Gorontalo, Anggota dan Calon anggota GAPKI.

FGD yang mengusung tema “Memahami tataniaga harga CPO dan TBS serta metode perhitungan harga TBS petani mitra” itu juga dihadiri oleh sejumlah petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Gorontalo.

Berita Terkait:  Libur Nasional, Dukcapil Gorontalo Tetap Buka Pelayanan Dokumen Kependudukan

badan keuangan

Ketua Cabang GAPKI Wilayah Sulawesi, Dony Yoga Perdana mengatakan, FGD tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi agar Pemerintah, Pengusaha dan Petani memiliki pemahaman yang sama terkait Industri Kelapa Sawit.

Dirinya menjelaskan, masih kurangnya Perusahaan Kelapa Sawit membuat GAPKI Wilayah Sulawesi berbeda dari wilayah lain. Organisasi GAPKI di Gorontalo juga tergabung dalam GAPKI Wilayah Sulawesi.

Berita Terkait:  Jadi Ancaman serius, Pemprov Gorontalo Deklarasi Pemberantasan Judi Online

“Biasanya, GAPKI itu di satu provinsi ada satu organisasi cabang. Tapi khusus di Sulawesi kita baru satu, yaitu GAPKI Wilayah Sulawesi. Nanti di setiap Provinsi ada Koordinator Wilayahnya,” terang Dony.

Lebih lanjut Dony menerangkan, terdapat tiga organisasi maupun instansi yang berperan dalam pengembangan, termasuk penetapan harga TBS Kelapa Sawit di Gorontalo, yaitu Pemerintah Daerah, GAPKI dan Petani Kelapa Sawit.

Berita Terkait:  Pj Gubernur Apresiasi Coastal Clean Up PLN Nusantara Power

Penetapan Harga tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 1 tahun 2018. Dimana, harus ada tim penetapan harga TBS yang dipimpin oleh dinas perkebunan atau pertanian Pemda.

“Jadi harus ada forum dimana pengusaha diwakili oleh GAPKI, petani diwakili oleh APKASINDO dan Pemerintah Daerah untuk menetapkan harga dalam sebulan kedepannya sesuai Permentan tadi,” terangnya.

Berita Terkait:  Bahas Persiapan Pilkada 2024, Forkopimda Provinsi Gelar Rapat

Meski FGD seperti itu baru pertama kalinya digelar di Provinsi Gorontalo, namun dirinya berharap melalui forum tersebut bisa menghasilkan pemahaman yang sama antara pengusaha, petani, maupun pemerintah.

“Dari sini kita bisa tau, dimana peran petani, peran perusahaan dan peran pemerintah untuk menguatkan kemitraan ini. Karena petani memiliki peran penting dalam industri kita,” imbuhnya.

Berita Terkait:  Pemikiran Sejumlah Tokoh KAHMI Gorontalo dalam Peringatan Hari Ibu dan Refleksi Akhir Tahun

Dony Yoga Perdana juga memaparkan terkait sejumlah regulasi yang harus dijalankan oleh beberapa pihak, termasuk pemerintah, pengusaha dan petani yang berkaitan dengan pembinaan serta sejumlah masalah yang sering dihadapi.

“Mungkin karena ada perusahaan kecil yang prakteknya tidak sesuai dengan aturan, akhirnya kemudian membuat jelek citra perusahaan sawit di Indonesia. Akhirnya, perusahaan yang manajemennya bagus ikut kena imbasnya karena informasinya jadi tidak baik di mata masyarakat,” tuturnya.

Berita Terkait:  Slamet Bakri Minta Dukcapil Kabupaten dan Kota Masifkan Pelayanan

Di tempat yang sama, Koordinator Wilayah (Korwil) GAPKI Gorontalo, Fauzan Abdi mengatakan,

pihaknya memang sengaja memulai kegiatan GAPKI dengan melaksanakan FGD sebagai mitra pengusaha dan petani Sawit.

“Kita mau memulai ini dengan melakukan audiensi dengan pemerintah. Ini sangat penting karena pemerintah ini menjadi bagian dari hal yang terpenting untuk bersama kami, Pengusaha dan petani,” kata Fauzan Abdi.

Berita Terkait:  Bandara Pohuwato Akan Diresmikan Presiden Jokowi Pekan Depan

Menurutnya, potensi Sawit di Gorontalo sangat besar jika dilihat dari luasan wilayahnya. Hanya saja, wilayah tersebut tidak terkelola dengan baik sehingga masih kurang investor yang dapat berinvestasi di Gorontalo.

“Sebenarnya sayang juga di Gorontalo baru punya dua pabrik yang berinvestasi di sini,

padahal dari sisi luasan lahan kita lihat potensinya lebih besar,” ungkapnya.

Berita Terkait:  Dukcapil PMD Provinsi Gorontalo Komit Implementasikan Hasil Rakornas

Hal tersebut, kata dia, juga dapat dilihat dari jumlah perusahaan sawit di Gorontalo yang bergabung bersama GAPKI. Dirinya berharap jumlah anggota dalam GAPKI Wilayah Gorontalo bisa terus bertambah.

“Harapan kita kedepannya teman teman yang berinvestasi di bidang perkebunan kelapa sawit maupun pabriknya,

itu bisa bergabung bersama GAPKI agar kita bisa berjuang bersama,” katanya.

Berita Terkait:  Jamin Keamanan Saat Lebaran, Pemprov Gelar Rakor Lintas Sektor

Fauzan juga memaparkan beberapa kelebihan maupun manfaat ketika tergabung masuk dalam GAPKI .

“Ada banyak kelebihan dari sisi regulasi yang terus berubah maupun percepatan dari sisi pemerintah. Intinya kelebihannya sangat banyak. Kami banyak merasakan manfaatnya masuk di keanggotaan GAPKI ini,” pungkasnya.(*) 

Berita Terkait:  Jaga Stabilnya Angka Inflasi Gorontalo, TPID Diminta Tetap Satu Persepsi

Penulis: Sucipto Mokodompis