Gorontalo

Pemutakhiran Indeks Desa Membangun Terus Dirampungkan

×

Pemutakhiran Indeks Desa Membangun Terus Dirampungkan

Sebarkan artikel ini
Pemutakhiran Indeks Desa Membangun Terus Dirampungkan
Plt. Kepala Bidang PPMD-P Dukacapil PMD Provinsi Gorontalo, Irfan Gani. (Foto: Dok. Dukcapil PMD)

Hargo.co.id, GORONTALO – Proses penginputan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) di seluruh Kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo terus dirampungkan.

Berita Terkait:  Penjagub Minta Pemerintah Kabupaten Kota Perjelas Alokasi Anggaran Pilkada 2024

badan keuangan

Hal tersebut diungkapkan Plt. Kepala Bidang PPMD-P Dukcapil PMD Provinsi Gorontalo, Irfan Gani kepada awak media, Jumat (26/7/2024).

Dirinya menjelaskan, IDM merupakan Indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Ekonomi dan Ekologi Desa.

Berita Terkait:  Hadiri Sekolah Politik, Ini Pesan Penjagub Gorontalo untuk HMI

badan keuangan

“Tujuannya untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian Desa serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan Desa,” kata Irfan.

“Nah, pemutakhiran ini penting untuk mengetahui status desa. Mulai dari desa tertinggal, desa maju, sampai desa mandiri,” lanjutnya.

Berita Terkait:  Perekaman KTP Elektronik di SMA Sederajat akan Dievaluasi

Irfan mengungkapkan, saat ini pemantauan terhadap penginputan data di desa-desa sedang dilakukan dan dalam tahap perampungan.

Dimana, kata dia, data yang akurat dan mutakhir ini akan menjadi dasar bagi Kementerian Keuangan dalam proses pencairan dana desa.

Berita Terkait:  Bank SulutGo akan Terus Berkomitmen Majukan Gorontalo

“Kami masih memantau penginputan data di desa-desa yang sedang dirampungkan. Data ini akan menjadi dasar untuk perhitungan dana desa tahun berikutnya,” jelasnya.

Pemutakhiran indeks data desa ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi dan perkembangan setiap desa.

Berita Terkait:  Perekaman KTP Elekteonik Terus Digenjot

“Dengan demikian, alokasi dana desa dapat disalurkan secara lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan desa tersebut,” tandasnya.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis 

Berita Terkait:  Penjagub Minta Komunitas Motor di Gorontalo jadi Contoh saat Berkendara