Kab. Gorontalo Utara

Seluruh Bumdes di Gorontalo Utara akan Dievaluasi

×

Seluruh Bumdes di Gorontalo Utara akan Dievaluasi

Sebarkan artikel ini
BUMDesma
Suleman saat memimpin rapat evaluasi terkait dengan edaran Bupati tentang Bumdes.

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Daerah Gorontalo Utara melalui Kepala Desa akan melakukan evaluasi terhadap Bumdes dan Bumdes Bersama (Bumdesma) yang ada di daerah itu.

Berita Terkait:  Terkait Keterbatasan SDM, Sekwan Gorut: Harus Disikapi dengan Bijaksana

badan keuangan

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Suleman Lakoro usai memimpin rapat evaluasi terkait dengan edaran Bupati tentang Bumdes dan Bumdesma, Kamis (5/10/2023).

“Setelah kami evaluasi, dari 123 desa yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara ternyata banyak Bumdes yang sudah mati suri. Ada yang sudah berbadan hukum tapi usahanya tidak jelas, bahkan ada yang belum berbadan hukum sama sekali,” ungkap Suleman.

Berita Terkait:  Jaga Keasrian Lokasi Wisata Bukit Dunu, Pemdes Diminta Buat Regulasi

badan keuangan

Ia meminta kepala desa yang Bumdesnya tidak berjalan dengan baik agar melakukan evaluasi. Suleman juga meminta Kepala Desa untuk mengganti pengurus yang tidak aktif jika diperlukan.

“Kami juga sudah perintahkan inspektorat untuk mengaudit keuangann Bumdes yang telah menerima dana hibah dari desa tetapi anggaran dan usahanya tidak jalan,” ungkapnya.

Berita Terkait:  Pembayaran Hasil Pekerjaan Belum Tuntas, Pihak Ketiga di Gorut Harap-harap Cemas

Dirinya berharap hal tersebut bisa menimbulkan efek jera bagi Bumdes-bumdes yang menurutnya mungkin saja menyelewengkan dana hibah dari pemerintah desa.

“Apabila didapati ada pelanggaran, maka akan diberikan sanksi minimal TGR atau kami akan Sorong serahkan ke aparat penegak hukum,” tegasnya.(*) 

Berita Terkait:  Dukcapil-RS ZUS Gorontalo Utara Teken MoU

Penulis: Alosius M. Budiman