Kota Gorontalo

Bareng Pemkot, Tanggidaa Group dan PLN NP UPDK Gelar Bersih-bersih Pantai

×

Bareng Pemkot, Tanggidaa Group dan PLN NP UPDK Gelar Bersih-bersih Pantai

Sebarkan artikel ini
Bersih
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, ketika membersihkan sampah di Pantai Indah Pohe. Kegiatan ini dilaksanakan atas adanya kerjasama Pemkot, Tanggidaa Group dan PLN NP UPDK Gorontalo, Ahad (13/8/2023). (Foto: Prokopim Pemkot Gorontalo)

Hargo.co.id, GORONTALO – Destinasi wisata Pantai Indah Pohe yang terletak di Kelurahan Pohe, Kecamatan Hulonthalangi sudah tak dipenuhi sampah lagi alias kinclong. Ini setelah Pemerintah Kota Gorontalo yang bekerjasama dengan Tanggidaa Group dan disupport PLN Nusantara Power (NP) UPDK melakukan bersih-bersih di lokasi yang dahulunya menjadi primadona bagi para wisatawan lokal.

Berita Terkait:  Di Peringatan HAN ke-40, Ismail Madjid Ingatkan Hak Anak Harus Dipenuhi

badan keuangan

Bersih-bersih pantai tersebut dilaksanakan pada Ahad (13/8/2023) pagi. Pantauan awak media di lokasi, pembersihan dilakukan di seluruh wilayah pantai. ASN di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, member Tanggidaa Group, dan karyawan/karyawati PLN NP UPDK, terjun langsung mengangkat sampah ke karung yang telah tersedia, yang selanjutnya dimuat ke dalam viar untuk dibawa ke TPA.

“Atas nama Pemerintah Kota Gorontalo, saya mengapresiasi PLN NP UPDK Gorontalo dan Tanggidaa Group yang telah menginisiasi kegiatan yang positif ini,” ucap Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, ketika memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Berita Terkait:  Rakernas APEKSI: Lahirkan 11 Rekomendasi dan Tiga Pesan Kunci

badan keuangan

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tanggidaa Group dan PLN NP UPDK yang telah memilih lokasi Pantai Indah Pohe untuk agenda peduli terhadap lingkungan.

“Sesuai yang disampaikan tadi oleh komunitas Tanggidaa Group, Pantai Indah Pohe merupakan titik ke-16 yang mereka bersihkan. Dan sampai di titik ke-16 sudah kurang lebih 100 ton sampah yang mereka pindahkan ke TPA. Ini luar biasa, anak muda lain harus meniru apa yang dilakukan Tanggidaa Group ini,” tandas Marten.

Berita Terkait:  GPM Pemkot Gorontalo, Warga: Bisa Bantu Kami Penuhi Kebutuhan

Di tempat yang sama, Manajer PLN NP UPDK Gorontalo, Muhamad Iqbal mengatakan,

kolaborasi ini menjadi bagian dari tanggung jawab pihaknya untuk berkontribusi membangun daerah bersama Pemerintah Kota Gorontalo.

“Kehadiran Tanggidaa Group sebagai motor penggerak anak-anak muda di Gorontalo yang konsen terhadap lingkungan. Maka kami hadir untuk kolaborasi pembersihan lingkungan ini,” tandasnya.

Berita Terkait:  Inflasi yoy Kota Gorontalo 3,15 Persen, Ini Penyebabnya

Sementara itu, Founder Tanggidaa Group, Rendy Datau mengatakan, komunitas Tanggidaa Group merupakan perkumpulan anak muda

yang merasa terpanggil karena banyaknya lokasi di Gorontalo yang di penuhi sampah.

Terkait aksi bersih-bersih di Pantai Indah Pohe, kata Rendy, merupakan tekad pihaknya

bersama PLN NP UPDK Gorontalo untuk mengembalikan citra Pantai Indah sebagai salah satu ikon dari sektor pariwisata yang ada di Kota Gorontalo.

Berita Terkait:  Upacara Detik-detik Proklamasi di Kota Gorontalo Berlangsung Hikmad

“Gerakan bersih-bersih pantai bukan hanya sekedar pembersihan fisik,

tetapi juga merupakan upaya untuk mengubah pola pikir dan gaya hidup agar lebih ramah lingkungan.

Dengan menjaga kebersihan pantai, kita juga ikut melindungi kehidupan laut, melestarikan keindahan alam,

dan memberikan warisan yang baik bagi generasi mendatang,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Staf Ahli Kemneterian Lingkungan Hidup, Winarni Monoarfa, Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, Sekda Ismail Madjid. Pada kegiatan itu pula, para pejabat daerah melakukan penandatanganan komitmen menjaga kebersihan dan keindahan Pantai Indah Pohe.(*)

Berita Terkait:  Lima Nama Ini Berpotensi Jabat Plt Sekda Kota Gorontalo

Penulis: Rendi Wardani Fathan